andRyans webblog


Tips: Pemasangan Lampu Harzard dan Klakson 2 mode
07/29/2007, 3:59 am
Filed under: Motor, Motor - Review Tips & Trick | Tag: ,

Anak club tanpa lampu hazart & klakson bersuara gede kuranglah lengkap, mari kita bahas mengenai pemasangan lampu hazart & klakson di motor Satria F150. (kemungkinan jika di aplikasikan ke motor lain tidak jauh berbeda).

Skema lampu hazart E-Lock

variasi 1: 1x kiri 1x kanan
variasi 2: 2x kiri 2x kanan
variasi 3: 3x kiri 3x kanan
variasi 4: 1x berbarengan
variasi 5: 2x berbarengan

On 1: Mode lampu hanya 1 variasi, untuk memilih mode lampu melalui On2 lalu selanjutnya nyalakan kembali ke On1.
Off : Lampu hazart off
On 2: Mode lampu 5 variasi nyala bergantian

Switch On/Off (kaki 6)
—————–
1 2 3

4 5 6
—————–

Keterangan:

1 & 3 = Power e-lock (kabel merah hitam)
2 = massa/ body
5 = tersambung ke kabel 1 putih e-lock
6 = tersambung ke kabel 2 putih e-lock
2 Kabel orange e-lock= tersambung ke kabel hitam (lampu utama) & kabel hijau (lampu utama)
Kabel merah e-lock ke positif (+) (kabel orange)

Skema klakson Stebel & klakson standard (tombol teken on/off)

Skema Relay 1: (On klakson stebel nyala, off klakson standar nyala)
Kaki 30 = tersambung ke Aki plus sikring 10 ampere
Kaki 87 = positif klakson stebel (+) & (-) klakson ke massa/body
Kaki 86 = positif soket kabel bawaan klakson standar (biasanya kabel ada 2 warna/ lebih tebal)
Kaki 85 = tersambung ke saklar ON/OFF & kaki saklar satunya ke soket kabel bawaan klakson standar (biasanya kabel ada 1 warna/ lebih tipis) atau bisa juga di tempel ke massa/body.

Skema Relay 2:
Kaki 30 =
tersambung ke Aki plus sikring 10 ampere
Kaki 87 = positif klakson (+) & (-) klakson ke massa/body
Kaki 86 = positif soket kabel bawaan klakson standar (biasanya kabel ada 2 warna/ lebih tebal)
Kaki 85 = negatif soket kabel bawaan klakson standar (biasanya kabel ada 1 warna/ lebih tipis) atau bisa juga di tempel ke massa/body.

Optimalkan suara klakson

  • Kabel yang di gunakan sebaiknya serabut tembaga dan cari yang tebal.
  • Penentuan posisi (+) dan (-) pada klakson sama saja/ sebaiknya jika sudah menentukan misal (+) kiri dan (-) kanan samakan posisi tersebut dengan kedua klakson.
  • Gunakan Relay yang asli spt: bosh atau hella. Jangan menggunakan replay yang berharga 10rb an walau mereknya bosch / hella sudah di pastikan Palsu.

 


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

[…] Skema perkabelan bisa dilihat di sini. […]

Ping balik oleh Tips Pasang Klakson Hella (dual horn) di Piaggio Liberty « andRyans webblog

positif negatif klakson hrsnya sm aja. relay bosch beli aja di aksesories mobil banyak yg jual kok. yg asli ada background di belakang tulisan bosch nya.

Komentar oleh andryans

nentuin positif negatif klakson gimana mas,,,dan kabel massa di Fu warna apa ya,,,,

Komentar oleh Dwi

relay merek bosch ada typenya ga mas,,,,,biar ga salah beli gitu,,,hehehe,,,,,

Komentar oleh Dwi




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: