andRyans webblog


Honda Beat Tembus 110 km/jam
06/17/2008, 3:51 pm
Filed under: Motor, Motor - Review Tips & Trick | Tag: ,


Spidometer simpel sehingga mudah dibaca

Lebih aman dengan kunci bermagnet

Beberapa jeroan CVT berbeda dengan Vario

Single sok, tetap enak dipakai zig-zag

Jok body yang kompak dan ramping bikin nyaman saat berkendara


Test ride
Honda BeAT yang disediakan PT Astra Honda Motor (AHM) di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakpus setelah launching di Hotel Ritz-Carlton (6/6) kami anggap kurang maksimal karena treknya terbatas.

Makanya, Mr. Testo perlu tes ulang. Maklum, “Trek di sini cuma terdiri trek lurus ± 100 meteran, tikungan S besar, angka 8 dan zig-zag,” ujar Handy Hariko, Deputy general manager technical service PT AHM. Alhasil, kami pun memboyong BeAT ke areal yang lebih representatif; Tipar, Cakung.

Di sono, sensasi skutik Honda langsung tergambar. Terutama saat pertama dinaiki, desain bodi dan jok yang kompak dan ramping serta posisi setang, cukup menyamankan posisi duduk. Apalagi, jarak terendah ke tanah cuma 156 mm. Tentu kaum Adam atau Hawa mudah adaptasi.

Coba nyalakan lampunya yang ultra sporty! Wow, oke nih buat jalan malam. Spidometer juga meski simpel, cukup enak dilihat dan dilirik saat melaju. Belum lagi fitur lain; pelek racing, kunci magnet (secure key shutter), 6 warna menggoda. Pokoknya lengkap!

Oke, yuk starter! Seperti Honda Vario, lipat dulu standar sampingnya. Ceklek, bruumm… mesin menderu khas Vario. “Tapi ini lebih halus, lo. Akselerasi mesin di putaran bawah juga terasa mengentak mirip kakaknya,” ungkap Mr. Testo

Ogah basa-basi, Mr. Testo berbobot 65 kg ini langsung memelintir grip gas. Kerja piston 50 mm dan langkah 55 mm skutik ini spontan memuntahkan tenaga saat trek lurus. Galak! Gitu juga saat bermanuver atau menikung patah. Wah, buat di lalu-lintas padat oke banget. Karena begitu lincah dan gesit.

Saat melibas trek model S besar, bodi juga stabil. Maklum, selain panjang wheelbase-nya 1,240 mm, juga didukung rangka tulang punggung dan supensi depan teleskopik dan monosok. Hal senada terasa pula saat BeAT diajak zig-zag.

Sensasi itu bisa jadi akibat roller skutik ini lebih ringan 1 gram dari punya Vario. Pegasnya juga kata Handy Hariko lebih keras. Sehingga kinerja CVT lebih cepat. “Kompresinya pun rendah; 9,2:1. Sedang Vario 10,7:1. Itu alasan BeAT gak pake radiator.”

Belum puas feeling. Giliran tes performa pakai Vericom VC2000. Di sini, Mr. Testo nyari top speed dulu. Toh, treknya memadai. Mau tau hasilnya? Setelah dilakukan beberapa kali run, di spidometer selalu tertera angka 110 km/jam tak lebih.

Berikutnya, uji akselerasi skutik seharga Rp 12 juta (on the road) ini. Hasil? Baca tabel, ya! Sekarang kita omongin konsumsi BBM. PT AHM mengklaim 1 liter untuk 60 km (kecepatan konstan 50 km/jam). Tapi Mr. Testo, dapetnya 1 : 50 km. Kecepatan gak lebih dari 60 km/jam. Hitungannya, jarak yang ditempuh Mr. Testo 11 km. Bobot 65 kg. Bensin yang diminum BeAT 0,22 liter. Setelah dikalkulasi pakai rumus standar, didapat angka di atas.

Fakta Lain BeAT
1. Dek depan, bagi skutiker yang tingginya di atas 170 cm agak mentok dengkul. Mungkin karena ada E-Z rack buat naruh botol minuman.
2. Sudah dilengkapi fitur kenyamanan dan safety kayak di Vario. Antara lain parking lock brake system, side stand switch, secure key shutter
3. Gak punya foot step terpisah buat pembonceng (menyatu bodi/dek)
4. Sistem pendingin mengandalkan udara karena kompresi rendah.
5. Belt CVT lebih pendek sekitar 2 mata dibanding Vario, juga diameter puli skunder lebih kecil
6. Volume boks bagasi di bawah jok lebih kecil dari Vario. Gak muat helm, tapi dilengkapi tutup pelindung barang
7. Kapasitas tangki BBM 0,2 liter lebih sedikit dari Vario, yakni 3,5 liter 8. Starter dilengkapi auto-choke untuk memudahkan starter saat pagi

Tabel Tes Vericom :

Jarak Waktu
60 M 6,21 dtk
80 M 7,48 dtk
100 M 8,57 dtk
201 M 13,81 dtk
402 M 22,79 dtk
Kecepatan Waktu
0-60 km/jam 7,67 dtk
0-80 km/jam 14,78 dtk

Penulis/Foto: Tim Otomotif (Tabloid Otomotif)
Sumber: otomotifnet


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

beat gw kok g nyampe 110 ya?

narik 90 ke 100 aj berat…

tp emang naek ke 90 nya lumayan enteng…..

Komentar oleh adutz

Yamaha Mio siap siap lempar handuk !!!

Komentar oleh Goblin

mantaaaaap euy.. kbtulan aq jg krja d honda.. beat seh irit. tp sayang karburatore g ad ACV(air cut valve) jd waktu gas dlepas ada sdkit letupan d knalpot….. tp it’s OK lah…

Komentar oleh dyo_sucked

rules of badminton
ifel tower
chateau avalon
malika sherawat
alien pics
shotacon
mickey hargitay
neck tattoo
gamls
french sayings
holyoke mall
macbeth summary
reaction time test
beth broderick
weeble and bob
zap cars
beattitudes
what is firewire
trivium lyrics
anastasia lyrics
graduate school ranking
calgary tourism
ga dept of corrections
bible timeline
legal zoom
ketones in urine
hot girls pics
mastercraft boats
taurus pistols
sheep for sale
laguna beach show
yamaha usa
funnyjokes
bob the builder games
megamouth shark
dirty director
people locater
underarmor
weird al music
free 3d animation
causes of civil war
minestrone soup recipe
saviodsilva
navy locator
lost surfboards
presidents day 2006
sewing machine manuals
funny riddles
customize cars
toyota motor credit
milwaukee journal sentinal
madness combat 4
rice fever
smokinmovies
free streaming music
cheats for grand theft auto vice city
trying to concieve
demon hunter lyrics
wifc
wisconsin dot
canadian black book
triangle shirtwaist fire
free my space layouts
annapolis mall
city of cape coral
american bull dog
mohawk hair
great escape movie theater
morman church
how to sharpen a knife
park model homes
wikepidia
mock nfl drafts
great britain map
bj shea
free audio bible
anabolic review
run it lyrics
hentai dress
maureen ohara
smallville soundtrack
plus size stores
louis viutton
jeep cherokee parts
free pop email
bathroom design ideas
halo download
mullet hair
hip hop cars
sams wholesale club
jack russell terrior
fattest man
sarasota news
texas childrens hospital
cummins tools
elreyano
husky floor mats
bushgardens
sailor moon episode guide
horror pops

Komentar oleh Diesel




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: