andRyans webblog


Bukan Sembarang Helm di MotoGP
08/06/2008, 2:56 am
Filed under: Motor | Tag:


AFP/Vicenzo Pinto

Jakarta – Unsur keselamatan menjadi hal pertama yang jadi perhatian FIM. Sebagai alat pengaman utama pembalap, tak sembarang helm bisa berlaga di MotoGP.

Adalah Snell foundation, sebuah lembaga khusus untuk menilai kelayakan helm yang digandeng FIM demi menjaga keselamatan pembalap. Ada banyak syarat yang ditetapkan Snell sebelum sebuah helm bisa ikut membalap.

Salah satu yang utama adalah keharusan Helm memiliki lapisan polystyrene dengan tingkat ketebalan 2,5 cm. Lapisan inilah berfungsi meredam benturan saat terjadi kecelakaan.

Selanjutnya helm juga harus menjalani ujian lain dengan didinginkan pada suhu -10 derajat celcius dan langsung dipanaskan pada suhu 50 derajat celcius. Setelah itu, helm direndam di air selama 12 jam untuk mengetahui bagaimana keadaan helm saat berada dalam kondisi balapan. Inilah disebut dengan Flame Resistance Test.

Tes lain yang harus dilewati helm adalah impact test di mana helm dijatuhkan dari jarak 2,5 meter namun dengan kecepatan 20,8 km/jam plus jatuh pada permukaan besi. Sementara ujian terakhir bernama Positional Stability (Roll-Off) Tes terkait dengan kekuatan tali pengamam yang memastikan helm tidak terlepas saat sang pembalap terjatuh.

Tes-tes di atas hanya sebagian ujicoba yang harus dilewati helm sebelum bisa dipakai membalap. Total ada tujuh test yang yang terdiri dari Impact Test, Positional Stability (Roll-Off) Test, Dynamic Retention Test, Chin Bar Test, Shell Penetration Test, Faceshield Penetration Test dan Flame Resistance Test.

Jika sudah melewati seluruh syarat tersebut, sebuah helm dipastikan siap digunakan di ajang MotoGP.

( din / din )
Doni Wahyudi – detiksport


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Salam kenal,,
buat temen-temen pecinta motor, berbagi info tentang helm silahkan mampir ya.. Thanks🙂
Motorcycle Helm

Komentar oleh Zaman




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: