andRyans webblog


Pengisian Oli yang PAS !
04/26/2009, 5:43 am
Filed under: Motor, Motor - Review Tips & Trick | Tag: ,

Pabrikan menganjurkan pengisian olie yang pas, ini bisa kita lihat pada manual book motor. Kelebihan ataupun kekurangan pengisian oli dari semestinya juga akan membuat kinerja motor tidak maksimal. Contoh kapasitas pada Suzuki Satria F150 1 liter atau 1,1 liter penggantian dengan Filter oli.

Kelebihan pengisian olie biasanya terjadi:

  • Tarikan motor terasa berat.
  • Putaran poros engkol / crankshaft akan menyentuh genangan oli yang ada di bak karter, sehingga membuat oli menjadi berbusa yang berisi udara/gas. Hal ini dapat menimbulkan oli menjadi lebih cepat panas / overheat, beroksidasi dan kehilangan tekanan oli (loss of oil pressure). Oli yang berbusa sukar untuk dipompa oleh pompa oli sehingga komponen mesin yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, dan akan rusak / macet.
  • Oli yang berbusa akan membuat tekanan gas yang berlebihan di dalam ruang mesin, sehingga melalui jalur sirkulasi (PCV) akan terdorong (blow by gas) ke filter udara. Biasanya filter udara menjadi basah oli.
  • Motor dengan karburator, akan banyak ditemukan lapisan tipis oli, lebih parah akan menyumbat jalur-jalur dan needle valve (float valve) yang ada di karburator tersebut.
  • Tekanan udara dari oli yang berbusa tersebut, juga merembes keluar melalui seal-seal yang ada di mesin.
  • Pada mesin motor, pengisian oli yang berlebihan juga mengganggu plat kopling (clutch). Karena plat kopling menjadi terendam oli, sehingga terlalu banyak oli yang membasahi plat kopling tersebut dan menjadi Slip. Normalnya, oli akan terlempar dengan sendirinya oleh putaran plat kopling (clutch) tersebut. Jika plat kopling slip, maka akan mengurangi umur pakainya, kehilangan tenaga dan pemborosan bensin.

Kekurangan pengisian oli dari batas yang di anjurkan akan menyebabkan:

  • Suara mesin akan terdengar kasar.
  • Pelumasan ke jeroan mesin tidak baik yg mengakibatkan aus atau lebih buruk lagi.
  • Mesin lebih cepat panas/ overheat.

Tips pengecekan oli:

  • Panaskan motor 1-2 menit
  • Cek oli, kurang dari batas yang di anjurkan tambahkan

Referensi: http://www.saft7.com


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

takaran oli sesuai anjuran, kalo kelebihan akan menyebabkan olie berbusa, hal ini akan memperpendek umur olie

Komentar oleh andryans

Waduh, sy masih blm paham dlm mengganti oli. Sy pakai New Shogun FL125, biasanya pakai oli standar pabrikan suzuki, kmudian coba ganti k Enduro Racing 4T (vol. 1Ltr), sy tuang semuanya (1Ltr). Itu termasuk berlebih gak? Krn di box mesing 0,8L (800mL). Tolong tanggapan bro. Thanks.

Komentar oleh Anak Jakarte

coba ikutin tips yg di tulis bro. kl kebayakan bisa mengakibatkan oli berbusa,yg pada akhirnya umur pemakaian oli jg ga pas, disamping efek lainnya.

Komentar oleh andryans

Bro, kebiasaan gw selalu nambahin oli di gk pake takaran tapi cuma mengandalkan jendela bak oli, selama oli tidak melebihi batas atas apakah aman? atau memang penambahan harus 100ml?

Belakangan gw suka nambahin sampe tinggal tersisa jarak sedikit di jendela bak oli (mesin dalam keadaan dingin..). Apakah itu aman2 saja atau memang harus dgn takaran 1000ml + 100ml?

Thanks bro..

Komentar oleh Ferry Yonathan




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: