andRyans webblog


Jetting Carb PE 26 di Skywave

HONDA_KEIHIN_PE26_4Weleh…… di bikin puyeng lagi dengan urusan jetting carb. Dugaan ga bakal semulus pake PE di FU ternyata terbukti sudah. Sebulan pake Skywave dirasa untuk mendongkrak “performa & irit” dengan mengganti karbu jenis skep. Pilihan jatuh pada PE26 Japan.

Hasil & Review 1.

Putaran tengah hingga ke atas berebet. Pastinya karena Main Jet (MJ) terlalu besar, coba-coba kecilin dengan MJ 118, 105 (tdr) hingga 95 (tdr) tetap berebet. wah…. wah… mo sekecil apa lagi nih? Namun pada saat “open” filter tarikan dari bawah hingga atas mulusss.

pe26-IMGP3460Kalo di perhatikan filter udara SW emang kecil banget, ini salah  satu penyebab kenapa MJ terus minta di kecilin di samping penyebab lainnya adalah profil jarum skep yang emang kurus banget (runcing). Ok lah akhirnya saya coba dengan cara:

  1. Buang busa yang nempel di kertas filter. Hasil:  tidak ada pengaruh
  2. Buang kertas filter. Hasil:  tidak ada pengaruh
  3. Lebih ekstrim di tambahin lagi lubang-lubang pada filter (bag. dalam). Hasil:  tidak ada pengaruh

pe26-IMGP3467Puyeng kan? Open filter penyakit berebet (baca: kebasahan) hilang, tapi ini sangat tidak disarankan karena akan mengurangi umur piston/boring akibat kotoran/ partikel debu yang sudah pasti akan ikut nyelonong masuk, apalagi letak carb yg disamping tepat dekat dengan ban belakang.

Hasil & Review 2.

  1. Open Filter. Hasil: plong… maknyoss !!! tenaga bawah hingga atas benar-benar plong.
  2. Memodifikasi filter standar yaitu dengan cara melubangi sekeliling filter (dalam), sehingga udara lebih plong. Hasil: tenaga bawah hingga atas mulus namun sedikit tertahan karena faktor masih kurang banyaknya pasokan udara.
  3. Menggunakan Filter udara K&N RC-1060. Hasil: plong… maknyoss !!! tenaga bawah hingga atas pe26_knn_rc1060begitu sempurna. Walhasil akhirnya ini yang jadi pilihan saya dengan pertimbangan: Karbu Tetap bersih, Udara yang masuk bersih karena tersaring, tarikan atas lebih berisi dibanding open filter.
  4. Ganti Jarum skep tentunya yg punya keihin juga, dengan cara ini sudah hampir di pastikan masalah filter akan bisa di selesaikan, namun tetap aja kekurangan pasokan udara yg ke filter (I’m sure) dengan kata lain kurang maksimal khususnya tenaga atas.

Catatan 1: Filter udara aftermarket bisa menggunakan merek K&N, Daytona, Koso atau TDR, tinggal sesuaikan dengan budget Anda.

Final Jetting:

Plastik filter di lubangi, dengan menyisakan sekat pinggirannya, walhasil berhasil, tarikan motor dr bwah ke atas mulus… lus…lus…

Spuyer:

Disesuaikan dengan kebutuhan spec mesin.

Kabel Gas:

pe26_benangjait kabelgas_30062009

Harga kabel gas orsi SW terbilang muahall… berikut cara praktis & murah untuk kabel gas nya:

  1. Siapkan kabel gas shogun, yang imitasi jg ok. Paling mahal 20.000,-
  2. Siapkan kabel luar sepeda Rp.3000,-
  3. Siapkan kebel gas (dalem) vespa Rp.3000,-
  4. Potong tali gas (dalem) No.1
  5. Gunakan ujung No.1 termasuk putaran tali gas
  6. Pasang kabel sepeda & masukan kabel gas vespa
  7. Tinggal bikin pentil buat di PE nya pake benang jait dengan dililit & power glue.
  8. Tralala… jadi deh…. murah plus setelan gas berfungsi juga

Catatan 2: Berlaku juga untuk pemasangan Karbu Mikuni VM26. Ukuran untuk Mesin standar PJ 17, MJ 130/135 (open filter/ K&N).


26 Komentar so far
Tinggalkan komentar

@agri: open filter ngaruh ke mesin adalah debu aja akan masuk ke karbu, lama2 akan bikin baret boringan blok. kl mau amannya pake filter after market spt KNN. saya sih jualin filter KNN utk karbu PE28 hrg 450k, untuk karbu standar SW hrg 550rb. KNN No.1 air filter in the world (made in USA)

Komentar oleh andryans

,. klo boleh tau..
,. klo filter skywave.. dilepas .. pa msin gampang jebol

,. gmna solusix.. tpi aq pngin filterx di lpas…

Komentar oleh AGRI_Caiiank_ROVTA

om maw tanya nie>>>
motor sya SW NR3 bru ganti : seher smash stdr, roller sling 13 n stndar, cdi varro n coil kitaco…ko masih kurang ya atsnya…apa ad yg slh?
plis bantuannya

Komentar oleh adith

saya mengganti karbu skywave dengan karbu satria fu,nah bgitu d pasang masalah muncul,tarikan jd ngempos.susah langsam, saat macet motor mati ketika gas dilepas.pj/mj pake standar fu 12.5/110,open air filter,sy pikir ini kelebihan jumlah bensin,tp mau ganti pj/mj gk ad yg di bwh ukuran 12.5/110
mohon sekali pencerahanya dari om andrian thanks

Komentar oleh christian

harga tromol SW sampek brp y…

Komentar oleh Gusti R

Om Andryan, ulasan diatas ini akhirnya menggunakan PJ dan MJ berapa yah?

Komentar oleh JEFFRY

Help me om… Motorku suzi Spin bore up piston thunder 57 mm. Skr pake karbu Ninja open filter susah dapetin setting yg pas (gak tau ukuran PJ/MJ cos gak ada kodenya) kadang ngebul asep hitam. Kira2 pake MJ/PJ berapa om biar oke? Bagusan pake PE 26 apa 28 (ukuran PJ/MJ}?

Komentar oleh djanoe

@sukaskywave:
kl mesin standar penggunaan carb konvensional di atas 24 plus K&N menurut saya sih ga recommend alias ga akan seenak pake carb bawaan

Komentar oleh andryans

mohon info mas.. biasanya range pj-mj di skywave standar dengan menggunakan pe 26 berkisar berapa yah mas dan paling enak di klip nomer brp.. filter memakai kn rc 1060 tp mesin masih std.. thx mas 🙂

Komentar oleh sukaskywave

Mohon info om, klo sudco keluarin PE26 gak ya?
Thanks..

Komentar oleh Ocky Tamtelahitu

suplay udara terlalu banyak, akibatnya aga ngempos

Komentar oleh andryans




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: