andRyans webblog


Apa sih Fungsi lampu Hazart?
12/19/2011, 9:54 am
Filed under: Mobil, Motor | Tag: ,

Di semua mobil dari mobil Jadul hingga Modern pastilah dilengkapi dengan lampu Hazart, bahkan di motor-motor yang notabene tidak di lengkapi dengan lampu Hazart saat ini kita semua sudah bisa memasang nya sendiri baik dengan cara memodifikasi (biasanya Relay Mobil) atau kita bisa beli secara langsung di toko-toko aksesoris.

Apa yang kita sering lihat penggunaan lampu Hazart di jalanan adalah:

  1. Konvoi kendaraan, biasa dilakukan oleh Club Mobil/Motor, dll
  2. Saat turun hujan lebat, karena jarak pandangan pendek
  3. Kendaraan berhenti, karena mogok dsb

Lalu apa dong fungsi sebenernya? Kalo kita lihat di jalan sama saja artinya bebas menyalakan lampu Hazart kapan pun.

Penggunaan lampu Hazard adalah untuk “kondisi darurat dan berbahaya” bukan untuk menunjukkan bahwa ada konvoi kendaraan atau karena jarak pandang pendek (karena hujan dsb).

Penggunaan lampu Hazard tidak sesuai dengan fungsinya malah akan mengakibatkan KECELAKAAN. Contoh: saat kita melaju dengan kecepatan tinggi di TOL dan terbiasa menyalip dari kiri lalu di depan kita ada mobil menyalakan lampu Hazart, apa yang dilakukan? Gas terusssss, hingga saat sudah tinggal beberapa meter si pengemudi sadar bahwa mobil tersebut mengalami masalah (trouble) apa yang akan terjadi? Kemungkinan besar akan terjadi kecelakaan karena ketidakpahaman rata-rata pengemudi atau mereka menyalakan karena ikut-ikutan arti dan fungsi sesungguhnya tidak tahu.

Lampu Hazard yang berwarna kuning terang akan membuat pupil mata pengendara dibelakang mengecil dan pada saat lampu tersebut mati akan membuat pupil mata membesar. Proses membesar dan mengecil ini akan membuat mata kehilangan fungsi fokus nya sejenak. Pada saat inilah bahaya mengancam. Pengendara tidak dapat melihat kendaraan lain karena pupil matanya belum berakomodasi maksimal terhadap cahaya.

Ayo mari kita budayakan penggunaan lampu Hazart hanya untuk KONDISI DARURAT dan BERBAHAYA !!!


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Kok mobil kalo lurus diperempatan pada pake ya

Komentar oleh Maskur

bener gan,banyak orang sekarang yang asal2an aja menggunakan lampu hazard,jadi mari kita sebarkan budaya menggunakannya hanya untuk keadaan darurat saja…salam gan🙂

Komentar oleh sonny




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: