andRyans webblog


DIY: Utak Utik CVT (bersih-bersih CVT dan ganti Per CVT Piaggio Liberty 150ie) part 1

bongkar-cvt-liberty-150ieDIY = Do it your self  alias bersih-bersih CVT dan ganti Per CVT Piaggio Liberty 150ie. Sebenernya udah lama pengen bersih-bersih CVT sendiri dan ganti Per CVT libo kesayangan saya cuma baru sekarang kesampean padahal udah pake libo 1 tahun lebih🙂

CVT Piaggio tidak seperti mojep yang covernya pun di kasih paking sedangkan Piaggio tidak malah ada lobang tepat di bawah CVT (lubang pernafasan) alhasil daleman cepat kotor, kalo udah kotor bunyi2an aneh pasti muncul. Dan alasan mengganti berasa  per CVT standar terlalu lemah, tidak sebanding dengan besarnya kapasitas mesin 150cc di buktikan:

  1. Tarikan motor berasa kosong padahal 1500cc.
  2. Top Speed susah dapat, jarak 500-600m cuma dapat 90kpj
  3. Saat bongkar CVT terlihat belt menyeret dasar CVT

per-cvt-kitaco-1500Kebetulan hari ini abis beliin anak sepeda di Jatinegara jadi sekalian deh mampir ke otista kalo ga gitu asli males banget. Kepengenan utak utik ada tapi melaksanakannya males banget. Langsung saya datangi toko langganan di otista (new gaya) minta per CVT Beat/Vario merek KTC 1500rpm, ditebus seharga 70rb. Singkat cerita bongkar-bongkar sekalian lepas per standar dan ganti ke per KTC 1500rpm. Benar aja ternyata per CVT standar lemah banget asli lemah di banding standar motor matic yg sebelumnya saya pakai Skywave & Mio per bawaan Piaggio Liberty/S/LX 150ie ini lemah syahwat :p

Cara bongkar? Karena ngga punya kunci/tools khusus piaggio jadi pake cara manual, kunci/ tools yang di siapkan (Kunci T, kunci shock 18, 19, obeng minus besar, martil karet), action?

  1. Buka tutup cover CVT lambang Piaggio, congkel aja.
  2. Lepas semua baut cover CVT (kunci T ukuran 8), setelah lepas semua masukan ujung kunci T ke lubang di balik logo plastik Piaggio untuk mengganjal agar roda tidak berputar saat baut di lepas (baut roda kunci shock 19, kalo punya kunci segitiga mobil ada tuh ukuran 19), kalo baut ini tidak di lepas cover ngga bakal lepas.
  3. Buka filter udara dan bautnya yg nempel ke CVT 2 buah (ngga usah di buka full).
  4. Buka tutup oli dan buka cover CVT, getok aja ujungnya agar terlepas. saya sih pake martil karet.
  5. Untuk buka variator/puller ganjel aja gerigi dengan obeng minus tinggal buka baut nya pakai kunci shock 18.posisi-roller-piaggio-150ie
  6. Hapalkan urutannya ya… terutama penempatan ring, baut dan posisi hadap roller. Terutama roller kalo hadap2an beda rasanya nanti bisa tidak karuan.
  7. Setelah terbongkar semua silakan bersih2, cuci roller, variator/pulley set, kopling set hingga CVT nya sendiri. Apabila tidak ada bearing/laher cuci pake sabun aja, kalo terdapat bearing/laher usahakan jangan di cuci pakai sabun di lap aja, soalnya ada gemuk di dalamnya takut kering malah mandek.
  8. Untuk ganti per CVT gunakan kunci shock 34 atau kunci inggris yang besar. Saat memasang nya tinggal tekan aja 1500rpm masih kuat dengan tenaga kita🙂
  9. Setelah bersih-bersih silakan pasang semuanya seperti awal, untuk AS silakan kasih gemuk. Jangan sampai ada yang tertinggal🙂.

Hasilnya?

  • CVT bersih tentunya membuat tarikan smooth, lakukan setiap 2 – 3 bulan sekali jika jalanan harian normal, kalo berdebu kurangi 1 bulan saja.
  • Efek pergantian per CVT: Tarikan bawah motor berasa beda, lebih ngisi dan ke 60kpj cepat euy. Yang pasti tidak kosong seperti per standar dugaan 800rpm atau malah di bawah 800rpm. Cuman blom sempet test di top speed nya, tapi kalo di dengar dan merasakan teriakan motor dengan laju motor sebanding.

Notes:

  • Khusus untuk mesin 150cc, Liberty 100cc penggunaan per CVT 1500rpm menurut saya terlalu riskan, baiknya kalo mau mengganti bisa memilih 1000RPM atau per standar orisinil Vario.
  • Cara ini berlaku untuk Vespa LX/S dan mungkin ZIP.
  • Bersih-bersih CVT kalo di beres piaggio di kenakan tarif 40rb, lumayan lah kalo bisa hemat kenapa ngga?

 


8 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Pak, apakah tau bengkel alternative selain bengkel resmi yang bisa menangani Piaggio Liberty?

Daerah Jakarta / BSD.

Karena dua minggu ini LIberty saya dibawa ke bengkel resmi tapi masih bermasalah.

Thx.

Komentar oleh Cacti

Kl cvt putus jangan di nyalain, nanti belt nya ngacak2 pulley dll akhrnya jadi rusak. Bongkar aja di bengkel biasa lalu beli belt nya di beres

Komentar oleh andryans

O cvt gw putus dan pas gw nyalahin alhasip ban ga muter tp yg aneh adalah ada bunyi besi kruuuuung panjang + krek krek. Itu kenapa yah. Klo kita service brapa yah kira kira biayanya. Gw takut ga sama dr expetasi gw, lo liat aja teknisinya kaya baru lulusan gitu, gw tanyain masalah bla bla bla dia keder. Mohon infonya suhu. (Liberty 100)

Komentar oleh Tyo

tergantung kebutuhan kalo itu sih. belt saya suka pake ORI lebih kuat

Komentar oleh andryans

Pak apa perlu juga ganti Pernya dan belt ,kalo belt merk atau type apa yg bagus.motornya vespa lx 150ie

Komentar oleh fernando

silakan

Komentar oleh andryans

ijin copas ya gan

Komentar oleh agungono

[…] 1 bulan yang lalu saya coba membersihkan sendiri CVT Liberty 150ie, sekalian deh pasang per CVT vario 1500 rpm. Selesai semua kerjaan langsung pasang-pasang, tapi […]

Ping balik oleh Awas pasang Roller terbalik di Vespa/Liberty, efeknya? | andRyans webblog




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: