andRyans webblog


Korek Harian Yamaha X-Ride (mio series)
06/10/2014, 8:49 am
Filed under: Motor, Motor - Review Tips & Trick, x-ride

bu xrideEmang dasar naluri ga pernah ilang hobby modif motor terutama di sektor performa. Ordometer menunjukan 1400 km langsung meluncur ke bengkel untuk pasang parts:

  • Set Kawahara 58.5 (Blok, Piston set), kapasitas mesin menjadi  ± 155cc
  • Injector SRP (ungu), menurut info dari Ultraspeed bisa mengucurkan 135cc per menit (standar 4 lubang, SRP ungu 6 lubang).

Sempat tanya2 di forum mengenai tips boreup dan jawabannya bervariasi khususnya harus dilakukan juga pergantian ECU standalone & Throttle body xeon (x-ride = 24mm, xeon = 28mm).

Pusing euy coz budget bakal jd membengkak. Karena emang ini motor injeksi pertama yg mau di kohar,  kumpulin deh berbagai informasi mengenai kohar ini. Di tambah ada yg bilang tanpa di dukung ke dua parts tsb motor bakalan:

  • Susah langsam (isc di ganti dengan manual by BRT)
  • Di bawa pelan ga enak,  katanya wajar motor racing? Aneh, pernah bore di motor2 sebelumnya enak2 aja.
  • Nembak2 karena kontrol supply bensin ga sanggup di dukung ecu standar.

Ga putus asa kembali cari informasi netral & bermain sedikit logika, akhirnya di dpt kesimpulan Saya tetap akan lanjut boreup parts yang sudah saya miliki, dengan pertimbangan:

  • Ada artikel menyebutkan ecu standar + injector standar hasiknya kekeringan, gejala nembak terjadi
  • Ecu standar bisa +30 utk nambah semprotan bensin, ya main aman takut tetep kekurangan bensin mangkanya dipilih srp. Why? Lubang injector ada 6 (standar 4) artinya misal jika injector standar di perintahkan 1 akan si semprotkan bensin 1cc, 2=2cc, 3=3cc dst. Lalu dengan srp krn lubang lebih banyak 1=2cc, 2=3cc, dst.

Jumat malam 6/6 langsung meluncur ke bengkel langganan D2M di kapin kalimalang.

Hasil pengujian:

  • Mesin langsam
  • Di bawa jalan pelan tetap enak
  • Tidak ada gejala knalpot nembak, max lari baru 80kpj soalnya masih inreyen
  • Torsi & power berasa
  • Suara mesin halus…  Ini yg saya suka di bengkel D2M bisa membuat suara mesin sama kaya standar😀
  • 1000km setelah Boreup, indikator oli masih normal tidak ada penyusutan yg drastis (sama spt mesin standar). Rencana setiap 2500km s/d 3000km oli di ganti rutin.

Kesimpulan:
Dengan melakukan upgrade block cylinder piston 58.5mm dan Injector SRP 135cc (setting co +4) sudah cukup jika budget pas2an.

Final Spec Mesin (updated):

  • Kawahara 58.5mm = 155ccimage
  • Injector SRP (ungu, 6 hole
  • Per CVT Koso 1000 RPM.
    Jangan salah beli MIO injeksi lebih panjang drpd mio lawas/ karbu.
  • Pulley 30d & Roller BRT 9gr
  • Knalpot Silent CMS
  • Throttle Body Xeon RC
  • Regulator O2 Cheetah Power

So proyek selanjutnya:

  • Camshaft
  • ECU (kalo perlu)

Hasil pengujian spec updated:
Jauh lebih mantapppssss dari spec awal. Konsumsi bensin: eco riding 1:50, stop go 1:40

Catatan:
Kohar di atas ini bisa juga di aplikasikan di mesin MIO Series J & GT.


10 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Mkn kondisi sekarang Kurang dr 2jt bro

Komentar oleh andryans

kira kira dengan dengan final spec mesin x ride itu habis berapa mas total nya ?

Komentar oleh Lampah Wicaksono S

Ok om. Thanks infonya

Komentar oleh irfan

Pas belinya di cineng kebon jeruk

Komentar oleh andryans

Indent ya ? Kemarin beli di mana? Thanks

Komentar oleh irfan

Di beres ada kok 400rb an

Komentar oleh andryans

Beli throttle body yamaha xeon dimana bos?

Komentar oleh irfan

Koil atau busi ngga significant bro kalo spec masih biasa saja. Motor matic injeksi kohar blom bisa lah… Gimana dengan matic karbu kohar? Sama aja blim bs nandingi mungkin 80-100kpj bisa menang tp atasnya bisa di salip.

FU standarnya aja udh power full, why? Krn sebelumnya saya punya 2 fu baik kondisi standar ataupun semi drag di bawa harian. Top speed fu standar bisa capai 149kpj

Gampang nya kita lihat performa fu di road race motor batangan sama2 150cc selalu fu yg pegang podium.

Utk cam rencana mau ganti pake prod thai, cm blom sempet aja waktu nya maklum bln puasa males banget hehehhehehe

Komentar oleh andryans

knapa gk skalian ganti koil nyaaa??
truss kira” bisa ngasepin mx ato fu gk gann

Komentar oleh Ferdie Yanto

[…] Korek Harian Yamaha X-Ride (mio series) […]

Ping balik oleh Setting Korek Harian Yamaha X-RIDE (Mio Series) – 1 | andRyans webblog




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: