andRyans webblog


Kode Diagnosa Kerusakan motor injeksi tipe Yamaha mio injeksi series
07/27/2014, 7:53 am
Filed under: Uncategorized | Tag: ,

image

Gara2 ada nya indikasi error di motor x-ride (lampu engine check) , coba googling penyebabnya dan dari beberapa artikel di temukan cara diagnosanya.

Arti nilai kedipan :
1x = 10
1x  pendek = 1

Kode Diagnosa Berdasarkan Kedipan:

12x = Tidak ada sinyal normal yang diterima dari crankshaft position sensor.
Penyebab:

  • Rangkaian kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Crankshaft position sensor rusak
  • Pulse coil rotor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
N/A

13x = Rangkaian sensor tekanan udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Intake air pressure sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D03

14x = Sistem tekanan udara masuk rusak
Penyebab:
Intake air pressure sensor
Kode diagmosa:
D03

15x = Rangkaian throttle position sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Throttle position sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D01

16x = Trottle position sensor macet
Penyebab:

  • Throttle position sensor macet
  • Throttle position sensor rusak

Kode Diagnosa:
D01

22x = Rangkaian sensor temperature udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek/ short circuit
  • Intake air pressure sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D05

24x = Sinyal dari sensor oksigen tidak normal
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Sensor  oksigen rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
N/A

28x = Sensor  termperatur mesin rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek</li
  • Engine temperature sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang dengan sempurna

Kode Diagnosa:
D11

30x = Kendaraan terbalik
Penyebab:

  • Kendaraan habis terbalik

Kode Diagnosa:
D8

33x = Rangkaian ignition coil primary coil rusak
Penyebab:

  • Rangkaian kabel terputus
  • Ignition coil rusak
  • Connector primary coil tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D30

37x = ISC (idling speed control valve) macet atau posisi terbuka penuh
Penyebab:

  • Handel gas/throttle valve rusak
  • Kabel handel gas/kabel gas rusak
  • ISC macet atau lepas

Kode Diagnosa:
D54

39x = Rangkaian fuel injector rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Fuel injection rusak
  • Connector fuel injector tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D36

41x = Rangkaian lean angle sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Lean angle sensor rusak
  • Connector lean angle sensor tidak terpasang

Kode Diagnosa:
D08

42x = Sinyal dari speed sensor tidak normal
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Speed sensor rusak
  • Connector speed sensor tidak terpasang baik

Kode Diagnosa:
D07

44x = Pemasukan dan pempacaan EEPROM error
Penyebab:

  • ECU rusak (penyetelan kerapatan CO dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan memory)

Kode Diagnosa:
D60

46x = Sistem power supply pada FI tidak normal (kabel merah)
Penyebab:

  • Sistem charging tidak sempurna

Kode Diagnosa:
N/A

50x = Memory ECU rusak (error code tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab

  • ECU rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)

Kode Diagnosa:
N/A

61x = Rangkaian ISC rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:

  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Connector isc tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D54

Sumber:
Manual Yamaha Mio J AL 115 F/FC 
Autochampion


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Bos motor sya mio soul gt kemarin mact karna ke habisan bbm. Stlah di isi lagi bbm motornya tdk mau nyala lagi .
Sya suda ganti fuell pump, nosel/ injeksi jga sda d ganti juga ..
Sekarng… suda hdup lagi ttpi tenagax gak ada gtu… powerx dtar2 aja…
Tpi kdangklo di stater mesinx hdup agak lama dkit agak berarti powerx besar n kenncang

Komentar oleh Tocker

Bagaimana cara mengatasi kode 46 utk mio j ms

Komentar oleh wahyu

bos bagai mana cara untuk memperbaiki bensin mio gt tidak berfungsi?

Komentar oleh bincoli03

[…] Error pada engine check (3 & 7 = 37), artinya ISC error namun hilang timbul error nya entah kenapa. So far mesin tetap masih nyala dan sepertinya ngga ngaruh. Dugaan karena kabel gas macet atau karena pemasangan Regulator O2 Cheetah Power tidak benar (ada kabel yang terlepas/longgar) . Setelah di urut satu persatu masalah hilang…. alias done. […]

Ping balik oleh Pasang Throttle Body (TB) Xeon RC di MIO Series | andRyans webblog




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: