andRyans webblog


Biang Kerok RPM Tengah Slip di Motor Matic
02/01/2015, 1:30 pm
Filed under: Motor, x-ride | Tag: ,

Yups….  Ngelesin bikin BT bikin ilfil bawaannya pengen di jual aja motor ini (Yamaha X-Ride). Sebenernya kejadian ini sejak 5 bulan yang lalu dengan gejala saat selongsong gas di putar spontan slip terjadi di RPM tengah dan tidak terjadi kalo putaran gas di urut.

Sempat diskusi sama beberapa sumber untuk permasalahan ini tapi solusi tidak ketemu jua. Investigasi pun dilakukan dengan mengganti: per cvt 1500rpm,  per kopling 1500rpm,  belt cvt,  roller hingga mengembalikan part racing pulley set ke Standarnya tetap aja masalah belum selesai.

Akhirnya saya menemukan artikel mengenai permasalahan “kenali gejala kerusakan cvt” walau secara general namun cukup memberikan gambaran apa yang harus diperbaiki/ di ganti.

Tiba waktu nya bongkar cvt,  tujuan langsung ke dugaan parts yang bermasalah yaitu Secondary sliding sheave + ring rumah kopling ganda… 

image

Coakan got melebar

Cara mengganti/ bongkarnya:

  • Lepaskan per cvt
  • Angkat penutup/topi nya parts ini berfungsi agar gemuk tidak berceceran/bocor dengan cara congkel dengan obeng minus, terangkat sedikit putar aja.

Di cermati ternyata alur got nya tergerus melebar…  Nah ini yang menjadi penyebabnya karena saat belt menekan kebawah apalagi saat gas di putar spontan pin Secondary sliding sheave akan ikit melebar pula/terhenti hingga harus mengendur kan gas dulu baru pin bisa terangkat.

Ganti 1 set yang terdiri dari: (Total biaya sekitar 240rb, lebih baik ganti 1 set dari pada harus bongkar ulang lagi)

  • Secondary sliding sheave + topi penutupnya
  • Seal karet &  seal penutup (total 4 pcs)
  • Pin
  • Grease cvt yamaha set

Jangan lupa pasang ring rumah kopling ganda yang baru (seal karet ada 3 buah getas/hilang) .

image

Selesai pasang coba test ride (olesi gemuk pada got & lubang dalam secukupnya) Alhamdulillah semua kembali normal. Dugaan penyebab kerusakan ini:

  • Rpm idle ada di 2000rpm karena waktu awal ganti trottle body xeon rc rpm idle lebih tinggi dan kembali normal sekitar 3 minggu kemudian…  Aneh juga
  • Sering nya membetot gas secara spontan
  • Sering menahan rpm berbarengan dengan menekan rem

So,  jika kita hindari penyebab kerusakan part ini baiknya hindari 3 poin di atas agar umur parts bisa jauh lebih lama.

Semoga bermamfaat.


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

It’s really a great and helpful piece of info. I am satisfied that
you shared this useful information with us. Please keep us up to date like this.
Thank you for sharing.

Komentar oleh Sarung Sepeda Motor




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: