andRyans webblog


Modul Open Loop Speedspark di NMax (1)
10/22/2016, 2:44 pm
Filed under: Iklan & Review, Motor | Tag: , ,

Bingung karena ingin meningkatkan performa motor pilihannya pakai ECU stand alone atau Piggyback akhirnya ada postingan mengenai Modul Open Loop (OL)  dari Speedspark di FB. 
Harga hanya 200rb setting mudah sama halnya seperti motor karbu :) 

Seller:
Harel,  Roled Custom Workshop
Jl Nusa Indah,Ruko Blok U,No65,Taman Galaxy,Kalimalang,Bekasi

http://maps.google.com/?cid=680183309370566744&hl=en&gl=gb

Intinya adalah Modul OL ini menggantikan modul O2 bawaan motor yg nantinya tidak lagi pakai lagi sehingga pengaturan debit bensin murni bebas kita atur sesuka hati sesuai kebutuhan tanpa ada keterlibatan sensor 02 bawaan. 

Mengutip penjelasan dari owner Speedspark di FB:

OpenLooper itu apa?
Sebelum membahas OpenLooper itu apa, kita perlu memahami prinsip kerja ECU (Electronic Control Unit) atau biasa disebut dengan komputer sistem injeksi terlebih dahulu. Yang akan kita bahas pertama kali adalah:

  1. Open Loop System, dan
  2. Close Loop System.

Dua sistem ini merupakan dasar utama bekerjanya ECU dalam sistem injeksi.

  1. Open Loop System adalah suatu proses di mana ECU bekerja tidak mengacu pada masukan dari Oxygen (O2) sensor. 
  2. Sedang Close Loop System adalah suatu proses di mana ECU bekerja mengacu pada masukan dari Oxygen (O2) sensor.

Pada motor injeksi saat ini hampir semuanya dilengkapi dengan O2 sensor, yang sangat diperlukan untuk mengendalikan emisi gas buang atau debit bahan bakar. Agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan maupun pemerintah, yang saat ini mengacu pada standar Euro3. Pada RPM rendah atau saat bukaan gas kurang dari setengah (part throttle), bahan bakar dibuat seirit mungkin dengan perbandingan udara dan bahan bakar di sekitar 14.7:1, agar tingkat emisi gas buang rendah dan pemakaian bahan bakar irit atau ekonomis.

Tentu saja ini akan berimbas ke keluaran tenaga mesin yang tidak maksimum karena campuran bahan bakar dengan udara yang menghasilkan tenaga mesin maksimum ada di sekitar 12.5:1.

Pemakaian piggyback semacam fuel controller atau fuel adjuster misalnya di rentang RPM rendah ini pada mode Close Loop menjadi kurang efektif karena ECU akan berusaha mengatur debit bahan bakar berdasarkan masukan dari O2 sensor meski piggyback juga berusaha untuk mengkoreksinya.

Untuk menghindari hal ini dan untuk membuat kinerja mesin yang lebih stabil tanpa terpengaruh masukan dari O2 sensor maka perlu untuk dibuat sebuah alat yang bisa mengeliminasi O2 sensor sehingga ECU bisa bekerja pada mode Open Loop. Alat ini kemudian kita sebut sebagai SpeedSparks OpenLooper, karena berfungsi membuat ECU bekerja dalam mode Open Loop.

Pengaturan melalui sebuah potensio cukup mudah dengan bantuan obeng min, perbandingan bahan bakar dan udara bisa diatur irit atau boros. Yang tentu saja akan membuat tenaga mesin terkoreksi serta mendukung kerja piggyback fuel controller atau fuel adjuster lebih stabil khususnya di RPM rendah hingga menengah.

Installasi & cara setting :

Review? Bersambung karena baru saja pasang…..  :) 


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

[…]  sekarang reviewnya ya…. Setelah kemarin membahas pengertiannya apa itu Modul Open Loop Speedspark di Nmax.    Compare sebelum pasang tarikan tengah-atas kosong dugaan krn roller keentengan pakai […]

Ping balik oleh Modul Open Loop Speedspark di NMax (2) | andRyans webblog




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: