buatlo


Tilang/ E-Tilang Slip Biru & sulit urusnya? 
03/27/2017, 10:07 am
Filed under: Personal News | Tag:

Sebelumnya bisa baca dahulu apa itu pengertian warna pada slip tilang disini. Dan tulisan ini adalah rangkuman dari pengalaman pribadi maupun beberapa info dari paman google. 

Jadi saat ini beberapa wilayah menerapkan langsung Slip biru karena saat ini beberapa wilayah sudah menerapkan E-Tilang (mencegah suap). Polisi akan memasukan data-data si pelanggar di aplikasi E-Tilang dan kemudian aplikasi akan mengirimkan SMS berisi informasi Besaran biaya, no rekening BRI yg bisa di transfer  melalui ATM/Internet Banking. 

Namun sepertinya masih ada bugs aplikasi E-Tilang ini hingga SMS cinta pun tidak kunjung tiba. Kalo masalahnya seperti ini harus datang ke cabang BRI lokasi yg terdekat aja dan infokan ke teller lokasi tilang dimana, jika asal transfer/salah rekening tujuan akibatnya apabila denda tilang lebih rendah tentu akan sulit mengurusnya. 

Baca-baca dari berita online sebenarnya ada aplikasi untuk mengecek status e-tilang ini sejak di luncurkan akhir tahun 2016 namun hingga saat ini tidak ada baik di Playstore maupun mencoba googling, sangat di sayangkan. 

Apabila sudah bayar denda (bayarlah sebelum tanggal sidang/saat akan nebus surat di Kejaksaan) bisa lakukan hal berikut ini:

  1. Butuh cepat? Bawa bukti setor dari BRI & tebus SIM/ STNK  di kantor polisi (di infokan lokasinya dimana,  saat di tilang) setelah H+1 dengan menyertakan bukti setor. Besaran Denda maksimal. 
  2. Ikut sidang, prakteknya sidang tidak berbarengan dengan slip merah (Tidak ada putusan di tanggal itu namun putusan akan keluar setelah beberapa hari dari tanggal yg tertera di slip biru dengan tidak menghadirkan si pelanggar). Bawa bukti setor dari BRI & tebus SIM/STNK. Besaran Denda maksimal. 
  3. Cuekin sidang, H+7 datang ke Kejaksaan wilayah sidang. Mintalah tanda hasil keputusan sidang. Bawa bukti setor BRI (copy 2 rangkap) &  tebus SIM/STNK. Nominal denda lebih kecil dan kelebihan bayar ambil di cabang BRI yang di tunjuk dengan menyertakan tanda bukti putusan sidang. 

Gampang kan? Cuma step nya jadi panjang 2 langkah karena ada proses bayar denda lalu ambil kelebihan bayar. 

    Semoga bermafaat.. Tertib LALIN ya…. 

    Iklan

    Tinggalkan sebuah Komentar so far
    Tinggalkan komentar



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



    %d blogger menyukai ini: